Kamis, 01 Agustus 2013

Cerita Rakyat Nunukan

Nunukan Miliki 11 Cerita Rakyat
Kabupaten Nunukan baru memiliki 11 cerita rakyat, yang berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Nunukan. Cerita rakyat tersebut diperoleh dari syambera yang digelar Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (KPAD) Kabupaten Nunukan, tahun lalu.

Cerita cerita rakyat yang berkembang di Kabupaten Nunukan itu yaitu, Sejarah Gora Moyang di Kecamatan Krayan, Asal Mula Dulun Sebuku, Guya Muyang dan Layung Sari, Sejarah Asal Mula Nunukan, Dongeng Yupai Semaring di Krayan, Asal Mula Nama Desa Atap, Asal Mula Nama Desa Pembeliangan dan Terbentuknya Kecamatan Sebuku, Asal Usul Batu Lamampu, Sejarah Ringkas Pulau Sebatik,Yaki Bumbulis, Ibataol dan Putri Kayangan.

Kepala KPAD Nunukan Hajjah Susilawaty mengatakan, pada lomba cerita rakyat Kabupaten Nunukan tahun lalu pihaknya telah mendapatkan enam pemenang dari 11 cerita rakyat yang diseleksi. Sebagai tindaklanjutnya, cerita-cerita ituk dibukukan dalam bentuk Kumpulan Cerita Rakyat tahun 2012.

“Nanti 2013 kita melihat lagi dengan koleksi yang baru,” ujarnya.
Cerita rakyat ini merupakan penelusuran sejarah di Kabupaten Nunukan. Diharapkan sejarah yang hampir hilang bisa tergali dengan baik.
“Generasi yang mempunyai legenda itu suatu saat akan musnah, sementara tidak ada lagi penerusnya yang bisa menceritakan. Karena itu perlu kita buatkan buku. Sehingga walaupun generasi yang punya cerita itu sudah tidak ada, masih ada buku-bukunya. Buku yang kita cetak selain disimpan di perpustakaan daerah, kita teruskan juga ke perpustakaan sekolah,” ujarnya.
Selain dalam bentuk buku, pelestarian cerita rakyat ini dilakukan melalui lomba bercerita yang diikuti murid murid sekolah dasar.
Sumber : http://kaltim.tribunnews.com - Kamis, 1 Agustus 2013


Warga Nunukan Diajak Tulis Cerita Rakyat
Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Nunukan mengajak pelajar dan masyarakat umum di Nunukan untuk menulis cerita rakyat. Selama ini, cerita-cerita rakyat di daerah ini nyaris tak terekam dalam tulisan yang bisa dibaca masyarakat umum.

Ketua Panitia Lomba Penulisan Cerita Rakyat Daerah Hasnah mengatakan, penulisan cerita rakyat ini dilombakan dengan tujuan mengungkap akar budaya yang ada di Kabupaten Nunukan sekaligus memperkenalkan asal usul dan adat istiadat suatu daerah serta sejarahnya.

Lomba yang bertemakan “Menumbuhkembangkan Rasa Kecintaan Terhadap Budaya Daerah dan Nasionalisme Dalam Proses Pembentukan Karakter Bangsa dan Jatidiri Bangsa” ini diharapkan bisa membuka cakrawala generasi muda untuk lebih mengetahui akar budaya dari lingkungan terdekatnya. Sehingga mereka dapat mengambil nilai-nilai kehidupan dari cerita asal daerahnya untuk dapat menjalani kehidupan masa kini dan masa datang dengan lebih baik.

Generasi muda di daerah ini juga bisa mampu memahami secara detail fenomena dan peristiwa nasional yang bersifat pragmatis.

“Jadi cerita rakyat ini untuk menghimpun cerita-cerita dari berbagai daerah, kecamatan, suku yang berasal dari Kabupaten Nunukan. Nantinya cerita rakyat ini kita kumpulkan dan dibuat buku lalu kita berikan kepada pelajar dan memberitahukan bahwa di daerah ini, di Kabupaten Nunukan kita punya cerita yang bagus. Cerita yang dulu terjadi,” ujarnya.

Peserta lomba terdiri dari pelajar maupun masyarakat umum dengan tulisan berjudul bebas. Kegiatan lomba dibuka sejak 7 Agustus dan naskah cerita diterima panitia paling lambat 24 September mendatang di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Nunukan.
Sumber: http://www.tribunnews.com - Kamis, 6 September 2012




LOMBA MENULIS CERITA RAKYAT DAERAH SE - KABUPATEN NUNUKAN
Dalam rangka membangkitkan semangat, rasa cinta pada daerah, sekaligus pembentukan karakter generasi muda agar mampu membangun jati diri bangsa, Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Nunukan mengadakan LOMBA MENULIS CERITA RAKYAT DAERAH KABUPATEN NUNUKAN.

Lomba ini diharapkan mampu mengantarkan generasi muda untuk mengetahui berbagai macam kultur budaya dan etnik masyarakat di Kabupaten Nunukan sehingga dapat mencintai daerahnya.

Lomba yang berlangsung mulai tanggal 24 Agustus 2012 – 17 September 2012 ini bertema “MENUMBUHKEMBANGKAN RASA KECINTAAN TERHADAP BUDAYA DAERAH DAN NASIONALISME DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA DAN JATI DIRI BANGSA”

Peserta yang mengikuti lomba ini adalah pelajar dan masyarakat umum yang berdomisili di Kabupaten Nunukan. Sedangkan metode yang digunakan yaitu peserta bebas dalam menentukan judul dan penulisan cerita kemudian diserahkan ke panitia lomba dalam bentuk naskah (beberapa kriteria tertentu).
Ada beberapa kriteria yang akan menjadi penilaian juri yaitu Keaslian Cerita ( isi cerita ),
Struktur Penulisan Cerita, Bahasa ( kaidah penggunaan bahasa ). Untuk naskah cerita yang telah diserahkan ke panitia akan langsung menjadi hak milik Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi kabupaten Nunukan dan tidak dapat ditarik kembali. Yang menjadi poin paling penting dalam lomba kali ini adalah orisinilitas cerita atau dengan kata lain bukan saduran dari buku manapun dan belum pernah diterbitkan di media manapun.

Pengumuman pemenang akan diumumkan pada Hari Ulang Tahun Kabupaten Nunukan. Hadiah yang disediakan oleh Panitia berupa Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan.

Untuk mengetahui pedoman lomba secara lengkap, dapat download melalui >> pedoman lomba [chie]

Sumber:  kpadnunu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NUNUKAN ADALAH SEBUAH KOTA KECIL YANG TERPENCIL BERADA DI WILAYAH KALIMANTAN UTARA INDONESIA PADA GARIS PERBATASAN SABAH DAN SERAWAK MALAYSIA BAGIN TIMUR.
  • Selayang pandang Nunukan