Rabu, 14 Agustus 2013

Tahun Ini IPA Binusan Dibangun

NUNUKAN – Instalasi pengolahan air (IPA) Binusan dengan kapasitas 10 liter per detik akan dibangun tahun ini. Proyek ini didanai APBN yang difasilitasi Dinas Pekerjaan Umum Kaltim.

“Yang jelasnya, akhir tahun ini IPA itu sudah dibangun. Di samping itu, di daerah Binusan nantinya juga akan dibangun jaringan pipa yang akan menelusuri jalan di sekitar daerah Binusan,” kata Kepala Bagian Teknik PDAM Nunukan, Dalimin.

Dikatakan Dalimin, direncanakan keberadaan IPA Binusan untuk melayani air bersih bagi masyarakat setempat. Setelah warga Binusan tercukupi, selanjutnya air bersih yang diolah dari IPA Binusan akan dialirkan untuk memenuhi pelanggan PDAM di sekitar sungai Patimah.

Pelanggan PDAM di sekitar sungai Patimah belum mendapatkan pelayanan air bersih secara optimal. Sebab, IPA Sungai Bilal yang diperuntukkan ke sana, produksi air bersihnya sudah sangat terbatas. Bahkan, layanan untuk daerah sungai Bilal telah dialihkan dari pelayanan air bersih yang dihasilkan IPA Persemaian.

“IPA Persemaian air bakunya dari Kampung Tator, yang kapasitasnya 50 liter per detik. Saat ini, kami sudah operasikan lebih kurang 8-10 jam,” sebutnya.

Dalimin juga menyampaikan, sebenarnya target PDAM di wilayah Nunukan dapat menjangkau mulai daerah Mambunut sampai ke Sedadap. Tapi sayangnya jaringan pipa masih belum tersediakan.

“Insya Allah juga tahun ini dan tahun 2014, akan ada pemasangan jaringan pipa itu nantinya akan dibagun oleh dinas PU,” katta Dalimin.
Sumber: radartarakan.co.id - Rabu, 14 Agustus 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NUNUKAN ADALAH SEBUAH KOTA KECIL YANG TERPENCIL BERADA DI WILAYAH KALIMANTAN UTARA INDONESIA PADA GARIS PERBATASAN SABAH DAN SERAWAK MALAYSIA BAGIN TIMUR.
  • Selayang pandang Nunukan