Jumat, 07 Juni 2013

Gempa Sesar Geser Robohkan Jembatan Inhutani

Sempat Dikira Benturan Kapal

NUNUKAN – Sama seperti di Tarakan, getaran berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) juga dirasakan warga pulau Nunukan. Tapi sebelumnya, warga khususnya di kawasan Inhutani mengira, getaran itu lantaran benturan atau senggolan kapal muatan.

Gempa yang persis berada di 03,11 LU dan 117,89 BT. Sekitar 46 kilometer bagian tenggara Kota Tarakan, dirasakan sekira pukul 03.20 dinihari Kamis (6/6), bahkan mengakibatkan robohnya jembatan penghubung antara jalan Dermaga Inhutani dan Sungai Bolong Kelurahan Nunukan Utara.

Warga Inhutani yang berada di pesisir pantai mengira, getaran itu terjadi akibat senggolan Kapal Muatan yang sandar di samping jembatan Dermaga Inhutani. Untuk memastikan hal tersebut beberapa warga Inhutani keluar dari rumah untuk memastikan.

Lebih pasti soal getaran, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nunukan Taruna Mona melalui Kepala Kelompok Teknisi BMKG Rimanto menjelaskan, getaran tersebut adalah gempa.

“Untuk di Nunukan getaran dirasakan 2MMI (Modified Mercalli Intensity) yakni bisa dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan jenis gempa yaitu Sesar Geser dengan arah ke kiri,” jelas Rimanto.

Sementara itu Petugas Pusat Gempah Nasional yang di hubungi melalui via telepon membenarkan adanya gempa tersebut. Namun gempa dinyatakan tidak berbahaya apalagi sampai menimbulkan tsunami. Sehingga, masyarakat di Kaltara tidak perluh khawatir dampaknya.

“Kalau untuk gempa itu tidak sampai menyebabkan tsunami. Karena gempa tersebut hanya berkuatan 4,8 SR. Masih berada pada 2 MMI. Jadi, masyarakat hanya merasakan getaran. Masyarakat juga tidak perluh khawatir. Di Nunukan hanya merasakan getarnya saja,” ungkapnya kepada Radar Tarakan diujung telepon. (*/chm)
Sumber: radartarakan.co.id - Jumat, 7 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NUNUKAN ADALAH SEBUAH KOTA KECIL YANG TERPENCIL BERADA DI WILAYAH KALIMANTAN UTARA INDONESIA PADA GARIS PERBATASAN SABAH DAN SERAWAK MALAYSIA BAGIN TIMUR.
  • Selayang pandang Nunukan